Advertisment

Mengenal Platform Desain Canva: Pengertian, Kegunaan, dan 5 Fitur Ajaib

Mengenal Canva: Pengertian, Kegunaan, dan Fitur

Mengenal Platform Desain Canva: Pengertian, Kegunaan, dan 5 Fitur Ajaib

Desain Canva

TY Studio DEV – Melansir laman resmi Canva, Canva adalah platform desain dan komunikasi visual online yang diluncurkan pada 2013 lalu. Platform ini memiliki misi untuk memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apapun dan mempublikasikannya di mana pun. Sampai saat menulis artikel ini, Canva telah digunakan di 190 Negara dengan 100 juta lebih pengguna aktif bulanan dan menghasilkan lebih dari 13 miliar desain.

Kebutuhan konten visual yang menarik menjadi semakin penting di era digital saat ini. Baik itu untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, atau promosi. Desain grafis memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan dengan dampak luar biasa. Melanie Perkins, Cameron Adams, dan Cliff Obrecht menemukan banyak sekali orang yang ingin membuat desainnya sendiri dengan mudah. Canva menjadi jawaban atas masalah yang mereka temui di lapangan dengan prinsip “make complex things simple”.

Kegunaan Platform Desain Canva

Canva terus menghadirkan inovasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Sesuai dengan prinsipnya, Canva menghadirkan tools profesional dalam tampilan sederhana yang mudah dimengerti oleh penggunanya. Adapun tools tersebut dapat digunakan untuk:

  • Membuat presentasi mirip PowerPoint.
  • Membuat konten Instagram (feed, story, dan ads) dengan pilihan animasi atau statis.
  • Mendesain postingan Facebook (cover, ads, event cover, facebook video, dan story facebook).
  • Mengedit video untuk berbagai platform media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, Pinterest, LinkedIn, dan YouTube).
  • Membuat desain poster, flyer, brosur, iklan, postcard, business card, newsletter, bahkan invoice untuk kebutuhan bisnis.
  • Membuat desain dan susunan format resume, CV, letterhead, proposal, sertifikat, dan berbagai kartu serta undangan.
  • Membuat infografis, mind map, kolase foto, virtual background, format kalender, worksheet, planner, peta konsep, dan wallpaper.

Fitur

Untuk menunjang penggunanya membuat desain, Canva menghadirkan fitur-fitur yang cukup powerful dan mudah dipahami orang awam, sehingga siapapun bisa membuat desain dalam hitungan menit, berikut beberapa fitur andalan Canva:

  1. Menyediakan Template

Fitur terbaik Canva adalah menyediakan template yang mempermudah pengguna dalam mendesain. Jumlah template yang siap pakai sesuai dengan berbagai kebutuhan ini pun jumlahnya tidak tanggung-tanggung, sekiranya ada 750.000 lebih template yang hampir setiap hari terdapat template baru untuk kategori tertentu.

  1. Menyediakan Ilustrasi dan Icon

Selain template, Canva menyediakan unsur ilustrasi desain dan berbagai icon yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Ilustrasi dan icon tersebut hadir dalam berbagai bentuk seperti 3D, animasi, GIF, dan masih banyak lagi.

  1. Canva Live

Maraknya presentasi online, mendorong Canva untuk berinovasi di bidang tersebut. Canva Live mempermudah pengguna untuk melakukan presentasi secara online seperti pada platform video conference lain. Canva Live juga menyediakan fitur interaktif untuk peserta seperti mengirim reaksi, komentar, dan pertanyaan saat presentasi berlangsung. Hebatnya, Canva Live ini terjamin keamannya, karena diperlukan 6 digit kode untuk bergabung dalam sebuah presentasi.

  1. Canva Teams

Canva memberikan kemudahan kepada pengguna ketika proses mendesain harus dilakukan secara berkelompok. Pengguna dapat mengundang pengguna lain dan memberikan izin pada halaman editor sehingga mereka dapat saling berkolaborasi dan berkomunikasi menciptakan desain terbaik mereka.

  1. PDF Editor

Fitur ini dapat digunakan untuk mengimport file PDF ke halaman kerja pengguna dan mengubah elemen-elemen PDF tersebut menjadi dapat diedit sehingga dapat disesuaikan secara instan.

Canva Free Vs Canva Pro

Desain Canva Perbedaan

Perbedaan Canva gratis dengan Canva Pro terdapat pada ketersediaan fasilitas dan fitur yang dapat diakses oleh pengguna, misalnya akses terhadap template, gambar, video, dan elemen pada Canva gratis lebih terbatas. Selain itu pada Canva gratis, tidak terdapat tools Background Remover dan Magic Resize. Seperti namanya, background remover merupakan tools yang dapat membantu pengguna menghapus latar belakang pada gambar dalam satu klik, sementara magic resize adalah tools yang memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran desain pengguna ke format atau ukuran tertentu. Selain itu, Canva gratis menyediakan kapasitas penyimpanan cloud gratis sebesar 5 GB.

Berbeda dengan Canva gratis, dengan berlangganan Canva Pro, pengguna mendapat lebih banyak keuntungan selain yang telah disebutkan sebelumnya, seperti:

negative space-TY Studio DEV

  1. Brand Kit Manager

Fitur ini membantu pengguna mengembangkan brand dengan lebih baik. Pengguna dan timnya dapat mengakses font, logo, dan warna dari satu lokasi file untuk membuat beragam produk digital brand. Pada versi Pro, pengguna dapat mengakses berbagai palet warna dan mengunggah font serta logo sendiri. Sedangkan versi gratis, membatasi pengguna untuk mengakses 3 warna dan tidak dapat mengunggah font maupun logo sendiri.

  1. Akses Tim

Fitur ini dapat digunakan pada versi gratis Canva, tetapi terbatas pada akses view dan edit. Sementara, pada versi Pro, tim dapat mengakses file lebih leluasa dengan view, edit, dan use as reference.

  1. Penyimpanan

Tentunya, dengan biaya yang telah dikeluarkan, pengguna Canva Pro mendapat lebih banyak kapasitas penyimpanan cloud. Kapasitas itu sendiri dapat mencapai 100 GB.

Dari desainer amatir hingga profesional berpengalaman, Canva memberikan alat yang memungkinkan semua orang untuk menerangi kreativitas mereka, membawa ide-ide menjadi kenyataan visual yang menakjubkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *