Advertisment

5 Langkah Mudah Install WordPress

5 Langkah Mudah Install WordPress

Wordpress
Wordpress

5 Langkah Mudah Install WordPress

5 Langkah Mudah Install WordPress - wp 1

 

TY Studio DEVWordPress merupakan sebuah platform CMS (Content Management System) yang sifatnya open-source. WordPress populer digunakan untuk membangun website dan blog. CMS WordPress dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Namun, pengguna baru dapat mengelola website tanpa perlu memahami teknis-teknis pemrograman tersebut, hal ini membuat para pengguna baru dapat membuat website dengan mudah. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai 5 Langkah Mudah Install WordPress, sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita lihat perbedaan dari situs wordpress itu sendiri.

 

 

WordPress.com Vs WordPress.org

Sebelum membuat website dengan cara install wordPress, kita harus mengetahui perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org terlebih dahulu. Perbedaan keduanya terletak pada hosting dan domain, di mana WordPress.com merupakan layanan hosting yang dibuat oleh WordPress itu sendiri, sedangnkan WordPress.org memberikan kita pilihan untuk menggunakan layanan hosting lain dan membuat domain sesuai dengan keinginan kita.

 

 

Cara Instalasi WordPress dengan Mudah

Dengan mengikuti panduan ini, kita dapat install wordPress dan memiliki website WordPress dengan hanya dalam beberapa langkah saja. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai!

 

 

1. Persiapkan Semuanya

Sebelum memulai proses install wordPress, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Pertama, pastikan Anda telah membeli domain dan hosting. Domain adalah alamat unik yang akan digunakan untuk mengakses website Anda, sedangkan hosting adalah tempat di mana semua file website Anda akan disimpan. Pilihlah hosting yang memiliki fitur yang memadai dan mendukung WordPress.

 

Selain itu, pastikan juga Anda memiliki akses ke panel kontrol hosting Anda. Panel kontrol ini akan digunakan untuk mengelola semua fitur hosting Anda, termasuk proses instalasi WordPress.

 

 

2. Unduh File WordPress

Setelah Anda memiliki domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah mengunduh file WordPress. Untuk melakukannya, Anda perlu mengunjungi situs resmi WordPress di wordpress.org. Di halaman utama, Anda akan melihat tombol “Unduh WordPress”. Klik tombol ini untuk memulai proses pengunduhan.

Install WordPress

install WordPress

Setelah pengunduhan selesai, Anda akan mendapatkan file ZIP yang berisi semua file yang diperlukan untuk menginstal WordPress. Ekstrak file ZIP ini ke komputer Anda.

 

 

3. Buat Database

Sebelum melanjutkan proses instalasi, Anda perlu membuat database untuk website WordPress Anda. Database ini akan digunakan untuk menyimpan semua data website, termasuk konten, pengaturan, dan pengguna. Untuk membuat database, Anda dapat menggunakan fitur database di panel kontrol hosting Anda.

 

Pada umumnya, Anda hanya perlu memberikan nama database, username, dan password. Setelah database berhasil dibuat, pastikan Anda mencatat semua informasi yang diperlukan, karena Anda akan membutuhkannya pada langkah selanjutnya.

 

 

4. Konfigurasi File wp-config.php

Setelah database berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi file wp-config.php. File ini berisi pengaturan yang diperlukan oleh WordPress untuk menghubungkan ke database yang telah Anda buat.

 

Anda dapat menemukan file wp-config-sample.php dalam file ZIP WordPress yang telah Anda unduh sebelumnya. Salin file ini dan ubah namanya menjadi wp-config.php. Kemudian, buka file wp-config.php menggunakan editor teks favorit Anda.

 

Di dalam file wp-config.php, Anda akan menemukan beberapa baris kode yang perlu Anda ubah. Cari bagian yang berisi pengaturan database dan ganti dengan informasi yang telah Anda buat pada langkah sebelumnya. Setelah itu, simpan file wp-config.php.

 

 

5.  Upload File WordPress ke Hosting

Setelah file wp-config.php dikonfigurasi dengan benar, langkah selanjutnya adalah mengunggah semua file WordPress ke hosting Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu menggunakan FTP (File Transfer Protocol) atau fitur file manager di panel kontrol hosting Anda.

 

Buka program FTP favorit Anda dan hubungkan ke hosting Anda menggunakan informasi yang diberikan oleh penyedia hosting. Setelah terhubung, arahkan ke direktori root website Anda dan unggah semua file WordPress yang telah Anda ekstrak sebelumnya.

 

Setelah semua file telah diunggah, buka browser web Anda dan kunjungi alamat website Anda. Anda akan melihat tampilan instalasi WordPress yang memandu Anda melalui proses instalasi.

 

Ikuti langkah-langkah instalasi yang diberikan, seperti memberikan informasi tentang situs Anda, mengatur username dan password admin, dan menyelesaikan instalasi. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan akses ke dashboard WordPress Anda yang siap digunakan.

 

Sekarang Anda dapat menginstal WordPress dengan mudah dan cepat dengan mengikuti langkah-langkah jitu yang telah kami berikan. Dalam waktu singkat, Anda dapat memiliki website profesional yang siap digunakan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *